Penadah Barang Curian Diamankan Bersama 3 Rekannya di Mapolres Basel

Harapan Iriana Joko Widodo Terhadap Tenun Cual
September 21, 2022
Bupati Riza Perjuangkan Status Ribuan Pegawai Non-ASN Basel
September 22, 2022
BABEL, RADARBAHTERA.COM – Tim Panther Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Bangka Selatan (Basel) berhasil mengamankan NA (27) warga Toboali yang diduga sebagai penadah barang hasil curian, Senin kemarin (19/09/2022).
 
Hal tersebut dijelaskan dalam ungkap kasus yang dipimpin oleh Kasat Reskrim AKP Chandra Satria Adi Pradana dan didampingi oleh KBO Reskrim Ipda Wiliam Situmorang dan Kasi Humas, Ipda Budi di ruang rapat Rajawali Mapolres Basel, Rabu (21/09/2022).
 
“NA berhasil ditangkap usai AE (17) salah satu dari 3 pelaku pencurian yakni A (15) dan E (22)  yang telah di tangkap sebelumnya pada tanggal 24 Agustus 2022 kemarin,” ungkap AKP Chandra Satria.
 
“AE mengaku bahwa barang hasil curian dari rumah korban YI (44) warga jalan Teladan pada 17 Agustus 2022 lalu, yakni cincin emas seberat 5 mata beserta suratnya berada ditangan pelaku NA,” tambahnya.
 
Kemudian Tim Panther melakukan penyelidikan, dan akhirnya NA berhasil diamankan di rumahnya, dan mengaku bahwa cincin emas tersebut memang sempat berada ditangannya.
 
“Namun, cincin tersebut sudah dijual ke P, dan saat didatangi P pun membenarkan bahwa pelaku NA telah menggadaikan cincin tersebut kepadanya,” ujar AKP Chandra Satria.
 
Dari pengakuan para pelaku, Kasat Reskrim menjelaskan kawanan ini telah beraksi di enam Tempat Kejadian Perkara (TKP) diantaranya dua di Jalan Teladan, di Jalan Bukit Permai, Jalan Mahoni, Jalan Pelabuhan Jeki dan Jalan Air Medang.
 
“Tidak ada faktor kesulitan ekonomi yang dialami para pelaku, hasil dari penjualan barang curian tersebut sebagian digunakan untuk foya-foya dan sebagian lagi untuk judi slot,” jelasnya.
 
Dalam aksinya, para pelaku memang mengincar rumah-rumah kosong yang ditinggal penghuninya, kemudian masuk dan menggasak barang-barang berharga milik korban.
 
“Kami menghimbau kepada masyarakat khususnya Bangka Selatan,jika meninggalkan rumah tolong pastikan diamakan dan dikunci, atau bisa tambahkan perangkat lebih seperti Cctv, karena motifnya mencari rumah kosong, 
 
Sekarang pelaku NA dan ketiga rekannya beserta  barang bukti sudah diamankan di Mapolres Basel.
 
“Atas perbuatannya,.pelaku NA disangkakan Pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara, sedangkan untuk 3 pelaku lainnya disangka Pasal 363 ayat 2 tentang Pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” pungkas AKP Chandra. (Neneng)
 
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *