Panen “Si Raja Buah” Jadi Berkah Bagi Masyarakat Lahat

Nelayan Kulur Tewas Tenggelam Digulung Ombak
Januari 2, 2021
Cari Oleh-oleh Khas Pagaralam Terjangkau, Outlet Rahayu Tempatnya
Januari 4, 2021

SUMSEL, RADARBAHTERA.COM – Musim buah durian “Si Raja Buah” telah tiba, walau tidak sebanyak tahun sebelumnya namun hasil panen durian saat ini khususnya di Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat tetap mendatangkan keberkahan tersendiri bagi masyarakat.


Seperti diakui Ustadz Sandra petani durian sekaligus pengepul dari Desa Gunung Aji, Kikim Timur, dirinya bersama ibu dan pamannya telah bertahun-tahun menggeluti peluang bisnis durian lokal Lahat ini. 


“Alhamdulillah, walau hasil panen durian tahun ini tidak setempat ruah seperti tahun sebelumnya. Namun tetap kami syukuri, karena membawa berkah bagi masyarakat,” ujar Ustadz Sandra kepada awak media di kediamannya, Minggu pagi (03/01/2021).

Lanjutnya, karena panen durian tahun tak begitu banyak, sehingga harga beli dari petani cukup tinggi. “Ya, kalau kita ambil sendiri ke kebun harga kisaran Rp.15ribu, namun jika menerima di rumah kisaran Rp.17ribu untuk sebutir durian ukuran cukup besar,” katanya.
 
 
Diakui Sandra, jika dirinya tidak mengambil keuntungan besar dari bisnis buah tahunan ini. “Kami hanya ambil keuntungan Rp.1000 saja dari harga petani, atau kami jual kembali Rp.18ribu perbutirnya. Ya biar untung kecil, asal berkah bisa jadi income tambahan berlebih masih ada adik yang sekolah,” katanya.
 
 
Untuk pembeli, dikatakan Sandra, selain pembeli lokal juga ada pembeli dalam skala banyak untuk dijual kembali diantaranya berasal dari Jakarta. 
 
Selain durian, Sandra juga menjual olahan buah durian yakni tempoyak yang dihargai Rp.28ribu per kilogram. “Untuk kualitas tempoyak, kami jamin keasliannya tanpa campuran,” tandasnya seraya memberikan kontak person bagi pembeli durian dan tempoyak asli Kikim Timur di 082310948039.
 
 
Sementara Milham salah seorang pembeli dari Desa Bungamas, Kikim Timur, mengaku sangat puas berlangganan membeli durian yang dijual Ustadz Sandra, selain harga terjangkau kualitas buah durian yang dipilihkan juga bagus.
 
 
“Selain harga terjangkau, buah durian dari lapak Ustadz Sandra ini kualitasnya juga bagus tak mengecewakan pembeli,” ungkap Milham. (Andrian)
 
 
Editor: Ronie 
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *