Komitmen Bersama Menuju Pangkalpinang Smart City

Tabrak Xenia, Pengendara Mio Tanpa Identitas Tewas di TKP
September 22, 2022
5 Kali Raih WTP, Pemkot Pangkalpinang Diganjar Penghargaan dari Menkeu
September 22, 2022
BABEL, RADARBAHTERA.COM – Sekda Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam menghadiri penandatanganan komitmen bersama Kepala Daerah menuju Pangkalpinang Smart City oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang, bertempat di OR Kantor Walikota Pangkalpinang, Kamis (22/09/2022).
 
Sekda Radmida menyampaikan, Smart City (Kota Pintar) merupakan, upaya inovatif yang dilakukan ekosistem kota dalam mengatasi berbagai persoalan dan meningkatkan kualitas hidup manusia dan komunitas masyarakat.
 
Dimana tahun 2022 Kota Pangkalpinang termasuk dalam 50 Kabupaten/Kota terpilih dari program gerakan menuju Smart City dan terdapat satu kota dan satu kabupaten di Babel yang mendapat pendampingan penyusunan master plan Smart City ini,” ungkap Radmida.
 
Setelah melalui proses dan tahapan yang panjang dan dilakukan bimbingan teknis tahap empat penyusunan Master Plan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win program unggulan. “Akhirnya hari ini memasuki tahap akhir yaitu, penandatanganan komitmen bersama Menuju Pangkalpinang Smart City,” ungkapnya.
 
Disamping itu pendamping dari Kementrian Kominfo RI, Mariam F. Barata mengucapkan selamat hari jadi kota Pangkalpinang yang ke-265 tahun 2022.
 
“Terima kasih juga kepada Walikota dan Sekda Kota Pangkalpinang, terutama Plt Kepala Dinas Kominfo yang sudah setia selama empat kali Bintek menemani kami,” ungkapnya.
 
Kementrian komunikasi melalui gerakan menuju Smart City ini bertujuan, meningkatkan inovasi dan mengoptimasi potensi kota-kota yang ada di Indonesia sehingga dapat mengatasi permasalahan dan meningkatkan kualitas hidup dari masyarakatnya.
 
Melalui penyusunan master plan ini, menjadikan panduan dalam mengimplementasikan secara bersama program-program yang telah disusun.
 
“Seperti yang Bu Sekda Radmida katakan, Kota Pangkalpinang menjadi salah satu tahun ini dari 50 kota terpilih di Indonesia untuk penyusunan master plan, dan di tahun depan provinsi Babel untuk menjadi salah satu provinsi yang menjadi Smart Provinci,” tuturnya.
 
“Diketahui bersama, Smart City merupakan pengembangan dan pengelolaan kota dengan memnfaatkan teknologi, untuk menghubungkan, memonitor dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada didalam kota biar lebih efektif dan efisien,” tambah Mariam.
 
Senada dengan itu, Staf ahli kementrian Kominfo RI , Wikan Danar Sunindyo memaparkan dimana kita sudah sampai pada tahap terakhir penyusunan Smart Plan  Smart City di Kota Pangkalpinang.
 
“Dengan adanya penandatanganan komitmen bersama, untuk menuju Pangkalpinang Smart City. Kita menyusun 4 buku Master Plan Smart City yang nantinya akan jadi panduan kita pelaksanaan Smart City di Pangkalpinang,” katanya
 
Wikan mengungkapkan, untuk buku pertama isinya adalah kita memotret kondisi yang ada di dalam kota Pangkalpinang ini, supaya kita tahu potensi apa yang ada di Pangkalpinang seperti  kelebihan, kelemahan maupun ancaman yang akan dihadapi jikalau mewujudkan sebagai Smart City di Indonesia.
 
Kemudian buku kedua isinya adalah program-program untuk Smart City, dimana disitu kita tuangkan mimpi-mimpi kita tentang Smart City dalam satu, dua, atau lima tahun akan datang.
 
Seanjutnya buku ketiga isinya eksklusif dari program-program Smart City dan buku ke empat yaitu Quick Win Program unggulan. (Siska)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *