Imbas Pandemi Covid-19, Produksi Usaha Kerupuk Kemplang Menurun

Selalu Dipadati Pengunjung, “Pondok Pindang Mantap” Sajikan Santap Siang Bernuansa Beda
Januari 18, 2021
Wajah Baru Mendominasi Ketua RT Kelurahan Koba Terpilih
Januari 18, 2021
SUMSEL, RADARBAHTERA.COM – Dampak dari Pandemi Covid-19 berimbas ke berbagai sektor usaha, termasuk diantaranya usaha kerupuk kemplang di Desa Tebing Gerinting Utara, Kecamatan Indralaya Selatan, Ogan Ilir, Sumsel saat ini yang mengalami penurunan produksi cukup drastis.
 
Seperti diakui salah seorang pengusaha kerupuk kemplang di Desa Tebing Gerinting Utara, Sumiati (44) kepada Radarbahtera.com, Senin siang (18/01/2021) mengakui, biasanya dalam setiap kali produksi pembuatan kerupuk kemplang dirinya yang memperkerjakan sebanyak enam (6) orang karyawan tersebut biasanya menghabiskan 150kg tepung sagu atau lebih. 
 
“Hanya saja, pasca pandemi Covid-19 mewabah, berimbas juga bagi usaha kami yang mengalami penurunan produksi saat ini yang hanya mampu menghabiskan paling banyak 100kg sagu dalam sekali produksinya,” katanya. 
 
Menurut Sumiati, dalam 100kg sagu persekali produksi ini menghasilkan 5000 keping kerupuk kemplang mentah yang dipasarkan Rp.200 perkepingnya. “Kalau kerupuk kemplang yang sudah dipanggang dan dikemas, harga jualnya perkantongnya Rp.15ribu sampai dengan Rp.35ribu,” ungkapnya.  
 
Terkait pemasaran, Sumiati mengakui telah sejak lama memiliki langganan pembeli mulai dari seputaran Ogan Ilir, hingga Belitang dan Lampung. “Namun, pasca pandemi Covid-19, permintaan kerupuk kemplang cukup jauh berkurang dan otomatis kami mengurangi produksi,” imbuhnya.
 
Sumiati berharap, usaha kerupuk kemplang ini kedepan mendapat perhatian pemerintah daerah agar dapat lebih maju dan berkembang.
 
“Usaha kuliner kerupuk kemplang ini, cukup menjanjikan dan menjadi produksi andalan rumahan bagi kami yang patut mendapat perhatian pemerintah, baik tersedianya bahan baku tepung sagu, kemasan hingga pemasarannya,” kata Sumiati. (Riski)
 
Editor : Ronie
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *