DPKO Basel Louncing Balai Wisata untuk Para Seniman dan Pelaku UMKM di Toboali

Semarak MTQH XI Kabupaten Bateng di Pontren Nurul Falah
Juni 24, 2022
Bupati Basel Terima Penghargaan dari Kemenag RI
Juni 24, 2022
BABEL, RADARBAHTERA.COM – Para seniman lokal di Kabupaten Bangka Selatan (Basel), saat ini berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (DPKO) untuk mengubah serta menata kembali gedung tua di seputaran Simpang Lima Kecamatan Toboali.
 
Penataan sebuah lingkungan maupun ruang membutuhkan orang-orang kreatif, salah satunya harus memiliki jiwa seni untuk mengubahnya.
 
Perencanaan yang dilakukan secara bertahap itu, dimulai dengan adanya launching Balai Wisata yang akan menjadi kawasan kreatif HUB kedepannya nanti.
 
Lukisan, pernak-pernik, baju ciri khas tertata rapi dan indah dibangunan tua, yang kini diubah menjadi sebuah tempat untuk para pelaku seni maupun para pelaku usaha dari menengah hingga atas.
 
Plt. Kepala DPKO Basel M. Ikbal mengatakan pihaknya memberikan ruang, bagi para pelaku seni karena selama ini tidak mempunyai tempat khusus.
 
“Kami bersama kawan-kawan seniman akan menata ulang kawasan Simpang Lima ini, besok akan ada launching Balai Wisata yang selama ini tidak dikelola.Tujuan dibuatnya tempat khusus ini agar nanti para pengunjung khususnya para kaum milenial, bisa menggunakan tempat ini sebagai tempat ajang kreasi terutama disini nanti pusat segala-galanya dari seniman dan UMKM. Jadi nanti kawan-kawan tidak perlu lagi jauh-jauh mencari tempat kreasi ataupun nyantai,” kata Ikbal, Jumat (24/6/2022).
 
Selain itu Ikbal mengungkapkan bahwa kawasan khusus ini nantinya, terbuka untuk umum siapapun boleh menggunakan sehingga nantinya bisa berkreasi disini.
 
“Nanti rencananya dari Balai Wisata hingga Gedung Nasional kita jadikan tempat kawasan khusus, apalagi sekarang sudah mulai banyak orang berjualan, dengan harapan kita akan lakukan penatan biar rapi,” ungkapnya
 
Ia menjelaskan dari 17 Sub kref bisa menyangkup semua ditempat ini, dan dijadikan pusat segala-galanya.
 
“Semua bisa lihat terutama dari seniman lukis lokal kita ini, sudah banyak hasil karya yang dibuat tapi bukan hanya seni lukis saja nanti kita buat disini. Akan tetapi semua akan ada disini dari 17 sub kref nantinya,” jelas Ikbal
 
Sementara itu, Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga, akan membuka ruang dan launching pada Sabtu besok sekitar pukul 15.00 WIB dan menghadirkan berbagai orang-orang kreatif di Balai Wisata Simpang Lima Toboali Kabupaten Bangka Selatan. (Neneng)
 
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *